Fungsi Seminar
Buku Tamu,  Chatting,  Forum Ilmiah,  Tasjilat

Apa Fungsi Seminar dan Bagaimana Susunan Acaranya?

Seminar ialah pertemuan membahas suatu permasalahan dan biasanya dilaksanakan secara ilmiah. Dalam seminar umumnya menampilkan satu sampai beberapa pembicara yang disertai kertas kerja atau makalah yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Pembahasan dalam seminar umumnya berpangkal pada kertas kerja atau makalah yang telah disusun oleh pihak pembicara sebelumnya. Sedangkan tema pembahasannya sendiri harus sesuai permintaan pihak panitia penyelenggara.

Fungsi Seminar
Fungsi Seminar

Komponen-Komponen Pada Seminar

Dalam seminar biasanya ada moderator berperan untuk memandu acara dan moderator biasanya akan mencatat inti-inti pembicaraan tentang permasalahan sedang dibahas. Selain itu, seminar akan dimulai dengan pembahasan tentang pandangan umum masalah dibacakan pihak moderator, sehingga tujuan seminar pun bisa lebih terarah. Adapun pembahasan masalah dalam seminar biasanya memerlukan waktu cukup lama karena lebih bersifat ilmiah.

Dengan demikian pihak pembicara harus bisa mengendalikan waktu. Maka dari itu, sebaiknya hindari menjelaskan sesuatu sifatnya tak terlalu penting. Kemudian sesudah pembicara menjelaskan tentang masalah, biasanya acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dipandu moderator seminar. Sesudah semua pertanyaan dijawab, pihak moderator akan langsung menyimpulkan masalah dibahas serta menutup acara seminar dengan memecahkan persoalan yang dibahas.

Fungsi Seminar
Fungsi Seminar

Biasanya seminar dilakukan bukan untuk menentukan keputusan terhadap permasalahan yang dibahas. Tetapi diadakannya seminar ialah untuk membahas permasalahan secara menyeluruh sekaligus untuk memecahkan solusi terhadap permasalahan tersebut.

Apa Saja yang Terlibat Dalam Forum Ilmiah Seminar?

Seminar adalah sejenis diskusi bertujuan untuk mencari solusi terhadap permasalahan yang ada dengan cara ilmiah. Biasanya seminar diselenggarakan oleh kalangan akademis, bisa itu berupa Lembaga akademis maupun ditawarkan oleh organisasi bersifat profesional maupun komersial. Ada beberapa orang biasanya terlibat dalam acara seminar, diantaranya pihak moderator, penyaji, pimpinan, key speaker, tim perumus, pembawa acara dan peserta/anggota.

Susunan Acara Seminar

Jika ingin menyelenggarakan acara seminar kelas, maka hal yang harus dilakukan pertama kali ialah menyusun organisasi pelaksanaanya. Biasanya seseorang akan diberikan tugas melakukan pembahasan kertas kerja atau makalah secara khusus telah dipersiapkan sebelumnya. Kemudian seseorang diberikan tugas menjadi moderator, sementara yang lainnya menjadi narasumber dan ada pula bertugas sebagai notulis untuk kemudian bertugas menyusun laporan.

Fungsi Seminar
Fungsi Seminar

Sementara susunan acara dalam seminar biasanya sering dibuat ialah, meliputi : laporan ketua, penyajian ketua, pembahasan oleh pihak pembicara, tanya jawab atau diskusi, kesimpulan, dan penutupan. Dikarenakan seminar termasuk salah satu jenis atau bentuk dari diskusi, karena itu laporan seminarnya pun berbentuk hasil diskusi. Sehingga laporan seminar umumnya harus berisi tentang hal-hal tertentu dianggap penting.

Lalu, Apa Saja Fungsi Seminar?

Adapun salah satu tujuan seminar ialah untuk menyampaikan sebuah gagasan atau hal yang baru pada peserta seminar, kemudian berharap jika para peserta bisa mendapatkan ilmu sehingga bisa dikembangkan kembali untuk menyelesaikan suatu masalah di kemudian hari.