Pengertian Diskusi
Buku Tamu,  Chatting,  Download,  Forum Ilmiah,  Tasjilat

Pengertian Diskusi, dan Jenis-Jenis Diskusi

Diskusi merupakan bentuk tukar pikiran. Awalnya, kata diskusi berasal dari bahasa latin yaitu discutio atau discusium yang artinya adalah bertukar pikiran. Namun tak semua aktivitas yang berkaitan dengan tukar ide/pikiran  dapat dikatakan sebagai diskusi. Ini dikarenakan definisi diskusi ialah bentuk proses untuk bertukar pikiran secara terarah dan teratur. Artinya ada suatu permasalahan yang dibicarakan, lalu dijadikan sebagai bahan untuk diskusi dan ada hasil yang didapatkan dari diskusi tersebut. Jalannya diskusi bisa dilakukan secara berkelompok.

Pengertian Diskusi
Pengertian Diskusi

Tujuan dari dilakukannya diskusi ialah untuk mendapatkan kesepakatan, pengertian, dan keputusan bersama mengenai permasalahan yang dibahas. Adapun unsur penting dalam diskusi ialah adanya forum tanya jawab saat proses diskusi berlangsung. Diskusi adalah sebuah interaksi yang terjadi antara dua orang ataupun lebih. Biasanya, komunikasi tersebut berbentuk ilmu atau pengetahuan dasar sehingga bisa memberikan pemahaman dengan baik.

Unsur-Unsur Dalam Diskusi

  1. Moderator

Moderator adalah orang yang bertugas untuk mengendalikan jalannya diskusi secara tertib dan tetap sesuai topik pembahasan. Selain itu, moderator juga bertugas membuka dan menutup jalannya diskusi.

  1. Panelis/Penyaji Makalah/Pembicara

Penyaji makalah atau pembicara atau panelis adalah pihak yang bertugas mempersiapkan makalah, menyampaikan isi makalah, kemudian memberikan tanggapan sekaligus orang yang memahami dan menguasai topik masalah yang dibahas pada acara diskusi.

Pengertian Diskusi
Pengertian Diskusi
  1. Notulis

Notulis bertugas mencatat jalannya diskusi berbentuk notula. Selain itu, notulis juga bertugas sebagai asisten moderator yang mencatat berbagai ide tanggapan, dan menyusun kesimpulan sekaligus membuat laporan hasil diskusi.

  1. Peserta

Peserta adalah orang yang mendengarkan atau mengikuti jalannya diskusi. Para peserta bisa memberikan tanggapan atau mengajukan pertanyaan atas topik pembahasan yang disampaikan panelis, contohnya mengenai situs poker online. Tanggapan atau pertanyaan alangkah baiknya langsung diajukan kepada panelis lewat moderator.

Jenis-Jenis Diskusi

  1. Seminar

Seminar adalah suatu bentuk diskusi yang dilakukan guna mendapat kesepakatan ide atau pandangan dalam menghadapi permasalahan yang bersifat formal, karenanya para pemberi seminar mempersiapkan makalah atau kertas kerja untuk disajikan.

  1. Sarasehan

Sarasehan adalah sejenis diskusi yang dilakukan untuk membahas berbagai prasarana tentang pokok permasalahan. Kelebihan sarasehan ialah bisa digunakan dalam kelompok besar atau kecil, bisa mengemukakan informasi baik berupa informasi singkat ataupun banyak, dan dapat direncanakan dalam waktu yang cukup lama. Kelemahannya ialah kurang interaksi, kurang spontanitas dan kreativitas, lebih formal, lebih menekankan pokok pembicaraan, sulit mengatur waktu, dan biasanya membatasi pendapat dari pembicara.

Pengertian Diskusi
Pengertian Diskusi
  1. Diskusi Panel

Panel Diskusi adalah suatu bentuk diskusi yang dilakukan untuk memperluas wawasan yang terkait dengan permasalahan yang hangat diperbincangkan dan melibatkan para ahli disiplin ilmu terkait yang bertindak sebagai penulis atau pembicara.

  1. Diskusi Kelompok

Kelompok Diskusi adalah komunikasi interaksi antara dua orang atau lebih atau bisa dalam kelompok, dengan tujuan untuk mengambil kesimpulan serta dapat memecahkan masalah sesuai diskusi yang telah dibahas.