Pengertian Simposium
Buku Tamu,  Chatting,  Download,  Forum Ilmiah,  Tasjilat

Pengertian Simposium, Penggunaan dan Tata Laksana Simposium

Simposium ialah serangkaian pidato singkat yang dilakukan seseorang di hadapan para pengunjung atau peserta yang datang. Istilah symposium sendiri dapat diartikan sebagai suatu aktivitas pertemuan sosialĀ http://68.183.181.185 atau mirip seperti rapat didalamnya ada aktivitas saling bertukar ide atau gagasan secara bebas. Selain itu, istilah symposium juga bisa diartikan sebagai sebuah konferensi biasanya diorganisasikan untuk mendiskusikan beberapa masalah atau beberapa bidang kajian secara khusus.

Pengertian Simposium
Pengertian Simposium

Bisa disimpulkan bahwa symposium adalah serangkaian pidato ringkas di hadapan pengunjung juga ada seorang pemimpin. Dimana symposium ini menampilkan beberapa pembicara dan mereka mengemukakan berbagai aspek pandangan berbeda dalam topik sama. Bisa juga terjadi, dalam suatu topik permasalahan dibagi ke dalam beberapa aspek, kemudian setiap aspek tersebut disoroti secara khusus tanpa memerlukan berbagai sudut pandangan.

Peranan Penting Diskusi Simposium

Pembahas utama atau pembicara dan penyanggah, biasanya dibawah pimpinan moderator. Para pendengar biasanya diberi kesempatan mengajukan pendapat atau pertanyaan sesudah penyanggah dan pembahas utama selesai berbicara. Kegiatan simposium ini dipimpin seorang ketua sebagai pelaksana jalannya diskusi. Sedangkan pendengar bertanya dan para ahli pun menjawab pertanyaan.

Pengertian Simposium
Pengertian Simposium

Peranan moderator biasanya hanya mengkoordinasikan pembicaraan dan meneruskan semua sanggahan, pertanyaan dan pandangan umum berasal dari peserta. Adapun hasil symposium bisa disebarluaskan, khususnya dari pembahas utama dan penyanggah, sementara pandangan-pandangan secara umum sendiri hanya dianggap yang penting-penting saja.

Jalannya Simposium

Dalam pelaksanaan simposium, para pembicara dibatasi waktu telah disediakan. Alasannya para ahli mendapatkan giliran berbicara menanti giliran untuk menyampaikan pendapat ilmiahnya. Maka dari itu, pembicara pada simposium harus berbicara secara lugas, ringkas, padat, dan jelas. Pengaturan kursi di dalam symposium juga beraneka ragam, biasanya tergantung dari jumlah peserta pelaksana symposium.

Penggunaan Simposium

Penggunaan symposium biasanya dilakukan untuk hal-hal berikut ini :

  • Mengemukakan berbagai aspek berbeda dalam sebuah topik tertentu.
  • Dilakukan jika jumlah kelompok pesertanya besar.
  • Jika kelompok memerlukan keterampilan ringkas.
  • Dan jika ada pembicara ahli sesuai bidang ditunjuknya.
Pengertian Simposium
Pengertian Simposium

Pelaksanaan Simposium

Pelaksanaan symposium biasanya bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini :

  • Awalnya moderator membuka jalannya symposium.
  • Lalu memperkenalkan pakar-pakar atau ahli akan menyampaikan pidato secara ilmia.
  • Kemudian para pakar menyampaikan pidato ilmiahnya, dengan masing-masing memiliki kesempatan dan waktu 5-15 menit.
  • Para pakar lainnya seperti responden atau partisipan menyanggah, bertanya, atau menyempurnakan pidato pembicara.
  • Pembicara yang menerima sanggahan langsung menjawab pertanyaan-pertanyaan sesuai dari para responder.
  • Seterusnya pelaksanaan seperti itu lalu terjadilah diskusi ilmiah.
  • Jika perdebatan telah menyimpang dari tema diskusi, maka moderator bisa meluruskannya kembali dengan diskusi.
  • Jika waktu diskusi telah habis atau jalannya perdebatan dianggap cukup, selanjutnya moderator bisa mengakhirinya dengan cara membuat kesimpulan dibantu sekretaris.
  • Kegiatan diskusi simposium pun selesai, kemudian tim perumus bisa mengadakan rapat kecil dan merumuskan hasil symposium secara tertulis.